Gunung Rinjani

Gunung Rinjani Lombok merupakan salah satu Gunung yang tercantik dan terunik, sehingga tak heran jika para pendaki beromba-lomba menjadwalkan liburannya hanya untuk mendaki gunung Rinjani.

Tak banyak orang yang tau fakta-fakta keunikan gunung Rinjani yang tidak di miliki oleh gunung lainnya, fakta yang sangat menakjubkan di miliki gunung Rinjani adalah:

1. Gunung Rinjani Lombok merupakan gunung tertinggi ketiga yang ada di Indonesia setelah Puncak Jaya Papua dan Puncak Indrapura Sumatra, kemudian Gunung Rinjani menempati urutan nomor 3.

2. Gunung Rinjani memilik danau yang terletak di bawah puncak Rinjani yang tidak di miliki oleh gunung lainnya, hal ini bermanfaat sebagai pendingin dan menjadi tempat berkembang biaknya ikan yang sangat berguna untuk pendaki.

3. Gunung Rinjani memiliki trek pendakian yang sangat mempesona, bagian timur dengan keindahan savana yang sangat epik, kemudian bagian barat dengan hutan belantara yang luar biasa lengkap dengan flora dan faunanya.

4. Gunung Rinjani Lombok memiliki pemandian air panas alami, hal ini merupakan keunikan Gunung Rinjani, sehingga para pendaki bisa menikmati sauna alami yang letaknyapun tidak jauh dari danau Segara Anak.

5. Gunung Rinjani Lombok memiliki stalagtit yang bisa di temukan seperti di gua Susu dan di Goa Payung Mas, hal ini membuat lengkap akan keunikan gunung Rinjani.

6. Tempat yang sangat indah menikmati sunset dari Plawangan Sembalun, tempat yang indah menikmati bulan purnama dari Segara Anak, pemandangan ini tidak akan di temukan di gunung manapun kecuali Gunung Rinjani.

7. Banyaknya tempat pemandian seperti air terjun yang bisa di temukan di bagian barat, yaitu bagian hutan desa Senaru yang akan menambah lengkap pengalaman mendaki, turun dari gunung Rinjani kemudian mandi air terjun. ini adalan fenomena yang sangat luar biasa dari Gunung Rinjani.

Itulah beberapa keunikan gunung Rinjani, dengan demikian sangat di harapkan bagi para pendaki untuk menjaga keaslian dan keasrian gunung Rinjani dengan tidak mengotori, membuang sambah atau mengurangi apa yang sudah ada di Gunung Rinjani.